|Thursday, August 21, 2014

‘Tupping’, Pertunjukan Tradisional di Lamsel 

'Tupping', Pertunjukan Tradisional di Lamsel

‘Tupping’, Pertunjukan Tradisional di Lamsel

BAKAUHENI, LAMPUNG SELATAN, LAMPUNGKU.com - Sarat dengan unsur mistis dan historis. Itulah ‘Tupping’ pertunjukan tradisional yang masih menarik bagi masyarakat khususnya di Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan.

“Tupping atau pertunjukan topeng kita jadikan salah satu pertunjukan yang dinanti-nanti, sebagai daya tarik tersendiri bagi masyarakat Kecamatan Bakauheni malam ini,” ujar Yopi Arif Sunandar, kepada Lampungku.com di tengah acara ‘Bakauheni Berbuat Part II Semangat Itu Bernama Perjuangan’, Minggu malam (10/11/2013).

Ketua Umum Komunitas Orang Bakau (OB) ini menjelaskan, ada sekitar 12 wajah nama tupping yang sangat dikenal dan sering kali digunakan sebagai pengiring pada acara penting atau arak-arakan pesta pernikahan dan penyambutan tamu.

“Tupping menjadi salah satu budaya kita di Bumi Khagom Mufakat yang mencerminkan kewaspadaan masyarakat pada saat menjaga keluarga maupun antar warga itu sendiri. Pertunjukan seperti drama tari tupping kerap sekali menggabarkan patriotisme yang melekat dengan sosok keprajuritan yang ada tempo dulu seperti pasukan tempur serta para pengawal rahasia Radin Inten II yang menjadi pahlawan nasional,” papar Yopi.

Yopi menjelaskan lebih lanjut, sosok tupping itu sendiri banyak beraneka ragam mulai dari kesatria hingga pelawak dan tokoh-tokoh orang sakti maupun orang bijak pada masa dahulu.

“Makanya hingga saat ini menjadi salah satu budaya yang mesti kita lestarikan ke depannya di Bumi Khagom Mufakat yang sangat kita cintai ini, dan inilah kenapa tupping kita angkat di acara ini,” pungkasnya.

Penulis: RICKY TAMBA




Add a Comment

 

MENU